Senin, 08 Agustus 2016

Karnaval Sastra

1.1        Latar Belakang Kegiatan
Gelanggang Himpunan Mahasiswa Sastra Indonesia merupakan suatu himpunan mahasiswa yang ada di Fakultas Ilmu Budaya Universitas Padjadjaran. Sebagai suatu himpunan yang mewadahi setiap kegiatan kemahasiswaan mahasiswa Sastra Indonesia FIB Unpad, Gelanggang memiliki banyak program kerja. Setiap program kerja diharapkan mampu memberikan manfaat, baik secara langsung, maupun tidak langsung terhadap mahasiswa Sastra Indonesia FIB Unpad.
Sebagai himpunan dari mahasiswa yang berkuliah di program studi Sastra Indonesia, yang fokus utama studinya ada pada bidang bahasa dan sastra, Gelangang tentunya harus membuat suatu kegiatan non-akademik yang memiliki korelasi dengan kedua aspek tersebut. Oleh karena itu, melalui Departemen Minat dan Bakat (Mikat), Gelanggang akan membuat dan melaksanakan suatu kegiatan yang memiliki korelasi dengan bahasa dan sastra, yaitu “Karnaval Sastra“. Kegiatan ini dilaksanakan dengan dilatarbelakangi oleh kenyataan bahwa perlu adanya suatu kegiatan yang dapat memperkenalkan serta mengangkat eksistensi bahasa dan sastra Indonesia sebagai suatu bidang ilmu dalam dunia pendidikan kepada masyarakat luas, selain itu juga kegiatan ini dilatarbelakangi oleh upaya Gelanggang untuk memperingati hari Bulan Bahasa yang ada pada bulan Oktober nanti.
Menyadari bahwa bahasa dan sastra Indonesia merupakan bidang ilmu yang juga dipelajari pada tingkat-tingkat sebelumnya, sebelum tingkat perguruan tinggi, Karnaval Sastra ini tidak hanya diadakan untuk mahasiswa yang berkuliah atau memiliki ketertarikan pada bidang bahasa dan sastra, khususnya bahasa dan sastra Indonesia, tetapi juga bagi pelajar tingkat SMA se-Bandung Raya.

Selanjutnya, diharapkan dengan adanya “Karnaval Sastra“ oleh Gelanggang melalui Departemen Minat dan Bakat ini, dapat lebih mengangkat eksistensi bahasa dan sastra Indonesia, Gelanggang, dan Sastra Indonesia FIB Unpad itu sendiri.

1.1        Maksud dan Tujuan Kegiatan
Maksud dan tujuan diselenggarakannya kegiatan ini adalah sebagai berikut.
1.      sebagai ajang untuk berkumpul dan menjalin komunikasi antar pecinta, dan penikmat bahasa dan sastra, khususnya bahasa dan sastra Indonesia;
2.      sebagai upaya meningkatkan eksistensi bahasa dan sastra, khususnya bahasa dan sastra Indonesia;
  
1.2        Sasaran Kegiatan
Sasaran kegiatan ini adalah sebagai berikut.
1.      Mahasiswa dan alumni Program Studi Sastra Indonesia Fakultas Ilmu Budaya Universitas Padjadjaran.
2.      Mahasiswa Unpad
3.      Masyarakat umum
4.      Pelajar tingkat Sekolah Menengah Atas sederajat se-Jawa Barat

1.3        Landasan Kegiatan
Landasan dilaksanakannya kegiatan ini adalah program kerja Departemen Minat dan Bakat Himpunan Mahasiswa Sastra Indonesia FIB Unpad Kabinet Revolusioner Periode 2016.


1 komentar:

  1. Tungsten Titanium - Tungsten Titanium
    Tungsten titanium earring posts Titanium is an ultra-lightweight, non-vitrified stainless titanium glasses frames steel core. This alloy consists babylisspro nano titanium of titanium titanium white wheels oxide titanium camping cookware oxide and 0.2% titanium oxide.

    BalasHapus